Tips cara menurunkan kolesterol tinggi secara efektif

Cara menurunkan kolesterol - Kolesterol tinggi bukanlah sebuah penyakit melainkan keadaan tubuh yang tidak dalam kondisi ideal yang bisa mengakibatkan berbagai penyakit terutama yang berhubungan dengan masalah jantung.

Sekarang sudah banyak obat penurun kolesterol yang bisa kita konsumsi selain itu untuk mempertahankan kondisi kolesterol dalam darah tetap pada ambang batas normal maka perlu gaya hidup sehat yang harus dibiasakan untuk dilakukan secara rutin.


Berikut ini kiat kiat untuk menurunkan kolesterol dalam tubuh anda yang dapat diaplikasikan dengan mudah.

Cara menurunkan kolesterol

Check up rutin
Ini adalah salah satu cara untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Cek up rutin dapat memberi Anda gambaran tentang berapa rata-rata kadar kolesterol dalam tubuh Anda.

Makan makanan rendah kalori
Ada beberapa makanan yang dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah, misalnya, beras merah, ikan sarden, pistachio, gandum, apel dan lain-lain.

Minum teh hijau
Ini adalah salah satu cara alami untuk mengurangi kadar kolesterol dalam darah. Teh hijau dapat menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh dan menyeimbangkan kadar kolesterol yang tinggi.

Kedelai
Sertakan produk kedelai dalam menu harian Anda. Kedelai dikenal dapat mengurangi kolesterol dalam tubuh dan mengontrol tekanan darah tinggi.

Menurunkan berat badan
Salah satu cara untuk menurunkan kolesterol adalah dengan menurunkan berat badan. Obesitas adalah salah satu alasan di balik tingginya kadar kolesterol dalam tubuh. Berat badan berlebih dapat meningkatkan tekanan darah, kolesterol jahat dan menurunkan kolesterol baik dalam tubuh.

Berhenti merokok
Jika Anda menderita tekanan darah atau memiliki kadar trigliserida yang tinggi, berhenti merokok adalah salah satu cara terbaik untuk mengurangi kolesterol dalam darah. Merokok dapat meningkatkan tekanan darah dan detak jantung.

Olahraga
Olahraga setiap hari dapat mengurangi kolesterol jahat, trigliserida dan tekanan darah. Ini juga menjadi salah satu cara terbaik untuk menjaga jantung tetap sehat dan menurunkan berat badan.

Hindari makanan olahan
Makanan tinggi lemak trans umumnya ditemukan dalam makanan olahan. Lemak trans dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Makan jeruk
Buah jeruk mengandung pektin yang dapat menyerap kolesterol dalam perut dan mengeluarkan racun dari tubuh.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel