Contoh Artikel Terbaru

Contoh Teks Eksposisi dan Strukturnya Terbaru 2016

Contoh Teks Eksposisi - Teks eksposisi adalah rangkaian kata dalam kalimat yang bermaksud menyampaikan, menerangkan, memaparkan, dan menjelaskan sesuatu hal dalam kalimat secara tepat, terperinci dan objektif. Pada umumnya kita dapat menemukan penggunaan teks eksposisi pada karya tulis ilmiah, makalah, skripsi, artikel tutorial dan literatur lainnya.

Adapun dalam membuat teks eksposisi, ada tiga faktor utama yang harus diperhatikan diantaranya:

- Menguasai objek yang akan dituliskan.
- Mampu menganalisa poin-poin yang akan dikemukakan sehubungan dengan objek tersebut.
- Mampu mengemukakan analisisa secara jelas dan konkret lewat kata-kata dan bentuk bahasa yang akan digunakan.


Struktur Teks Eksposisi

1. Pernyataan pendapat (tesis) : Berisikan gagasan utama atau prediksi penulis tentang sebuah permasalahan yang berdasarkan fakta.
2. Argumentasi : Menjelaskan secara lebih mendalam pernyataan pendapat (tesis) yang diyakini kebenarannya oleh penulis melalui pengungkapan fakta-fakta sebagai penjelasan argumen penulis.
3. Penegasan Ulang Pendapat : Berupa penguatan kembali atas pendapat yang telah ditunjang oleh fakta-fakta dalam bagian argumentasi bagian pertama.

******
Ekonomi Indonesia
By : Aditama

Tesis :
Ekonomi rakyat adalah “kegiatan ekonomi rakyat banyak” . Jika dikaitkan dengan kegiatan pertanian, maka yang dimaksud dengan kegiatan ekonomi rakyat adalah kegiatan ekonomi petani atau peternak atau nelayan kecil, petani gurem, petani tanpa tanah, nelayan tanpa perahu, dan sejenisnya; dan bukan perkebunan atau peternak besar atau MNC pertanian, dan sejenisnya.

Argumentasi:
Perspektif lain dari ekonomi rakyat dapat pula dilihat dengan menggunakan perspektif jargon: “ekonomi dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat”

“Dari rakyat”, berarti kegiatan ekonomi itu berkaitan dengan penguasaan rakyat dan aksesibilitas rakyat terhadap sumberdaya ekonomi. Rakyat menguasai dan memiliki hak atas sumberdaya untuk mendukung kegiatan produktif dan konsumtifnya.

“Oleh rakyat”, berarti proses produksi dan konsumsi dilakukan dan diputuskan oleh rakyat. Rakyat memiliki hak atas pengelolaan proses produktif dan konsumtif tersebut. Berkaitan dengan sumberdaya (produktif dan konsumtif), rakyat memiliki alternatif untuk memilih dan menentukan sistem pemanfaatan, seperti berapa banyak jumlah yang harus dimanfaatkan, siapa yang memanfaatkan, bagaimana proses pemanfaatannya, bagaimana menjaga kelestarian bagi proses pemanfaatan berikutnya, dan sebagainya.

“Untuk rakyat”, berarti rakyat banyak merupakan ‘beneficiaries utama dari setiap kegiatan produksi dan konsumsi. Rakyat menerima manfaat, dan indikator kemantaatan paling utama adalah kepentingan rakyat.

Penegasan Ulang:
Dalam hal ini perlu pula dikemukakan bahwa ekonomi rakyat dapat berkaitan “dengan siapa saja”, dalam arti kegiatan transaksi dapat dilakukan juga dengan “non-ekonomi-rakyat”. Juga tidak ada pembatasan mengenai besaran, jenis produk, sifat usaha, permodalan, dan sebagainya. Ekonomi rakyat tidak eksklusif tetapi inklusif dan terbuka. Walaupun demikian, sifat fundamental diatas telah pula menciptakan suatu sistem ekonomi yang terdiri dari pelaku ekonomi, mekanisme transaksi, norma dan kesepakatan (“rule of the game”) yang khas, yang umumnya telah memfasilitasi ekonomi rakyat untuk survive dan berkembang sejalan dengan perkembangan sosial ekonomi masyarakatnya.

******

Contoh Teks Eksposisi

Simak beberapa kalimat berikut ini sebagai contoh teks eksposisi berdasarkan jenisnya untuk memberikan penjelaskan kepada anda apa dan bagaimana teks eksposisi tersebut dipakai.

Contoh Teks Eksposisi Berita - Hari ini kota jakarta terjadi banjir hingga kedalaman 2 meter setelah terjadi hujan deras selama 1 hari 1 malam dan sebagai akibat dari keadaan tersebut banyak anak anak yang mengalami diare namun sampai berita ini diterbitkan belum ada laporan korban jiwa.

Contoh Teks Eksposisi Proses - Tuangkan satu sendok serbuk kopi dan satu setengah sendok gula dan tuangkan air panas secukupnya, minuman kopi hangat siap disajikan.

Contoh Teks Eksposisi Definisi - Opini adalah pendapat, ide atau pikiran untuk menjelaskan kecenderungan atau preferensi tertentu terhadap perspektif dan ideologi akan tetapi bersifat tidak objektif karena belum mendapatkan pemastian atau pengujian.

Contoh Teks Eksposisi Analisis - Berbagai teori dikemukakan untuk mengungkap misteri segitiga bermuda. Dari sisi ilmiah ada yang berpendapat bahwa di segitiga bermuda terdapat gelombang magnet yang sangat kuat hingga menenggelamkan apapun yang melintasi kawasan tersebut dan dari sisi non ilmiah ada yang berpendapat bahwa segitiga bermuda merupakan kerajaan jin.

Contoh Teks Eksposisi Pertentangan - Orang yang cerdas dan terbiasa menggunakan akal fikiran umumnya selalu menyikapi masalah dengan diskusi dan kepala dingin dan sebaliknya orang yang terbiasa menggunakan otot cenderung menyikapi masalah dengan arogan dan anarkis.

Contoh Teks Eksposisi Perbandingan - Tinju bukanlah olahraga yang banyak peminatnya. Yang banyak adalah penggemarnya. Berbeda dengan olah raga jalan kaki, peminatnya banyak tapi penggemarnya sedikit.

Contoh Teks Eksposisi Ilustrasi - Dalam tubuh manusia terdapat aktivitas seperti pada mesin mobil. Tubuh manusia dapat mengubah energi kimiawi yang terkandung dalam bahan–bahan bakarnya-yakni makanan yang ditelan– menjadi energi panas dan energi mekanis. Nasi yang Anda makan akan dibakar dalam tubuh sebagaimana bensin dibakar dalam silinder mesin mobil. Sebagian dari energi kimiawi yang disediakan oleh nasi itu diubah menjadi energi panas yang membuat tubuh tetap hangat. Sebagian lagi berubah menjadi energi mekanis yang memungkinkan otot-otot dapat memompa darah dalam tubuh atau menggerakkan dada pada waktu bernapas

artikel terkait:
- kumpulan contoh majas lengkap
- contoh naskah drama singkat
- kumpulan contoh peribahasa lengkap

Contoh Teks Eksposisi dan Strukturnya Terbaru 2016 Reviewed by melani on Rabu, Juni 01, 2016 Rating: 5
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Contoh Teks Eksposisi dan Strukturnya Terbaru 2016

0 komentar:

Poskan Komentar